Total Tayangan Halaman

rasio

Ketahui manfaat rasio. Rasio digunakan di bidang pendidikan dan kehidupan sehari-hari untuk membandingkan beberapa angka atau kuantitas. Rasio paling sederhana hanya membandingkan dua angka, tetapi bisa juga membandingkan tiga angka atau lebih. Jadi, rasio bisa digunakan untuk mengetahui perbandingan dua angka atau lebih. Dengan memahami relasi antara angka yang satu dengan angka yang lain, rumus kimia bisa diduplikasikan atau resep masakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Setelah memahami cara menghitungnya, rasio akan sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari.[1]

Ketahui arti rasio. Sesuai penjelasan di atas, rasio menunjukkan relasi antara dua hal atau lebih. Contohnya, bahan keik yang terdiri dari 2 cangkir tepung terigu dan 1 cangkir gula pasir dikatakan memiliki rasio tepung terigu terhadap gula pasir 2 banding 1.
  • Rasio bisa menunjukkan relasi antara apa saja, meskipun jumlah yang satu tidak berkaitan langsung dengan yang lain (seperti dalam resep masakan). Contohnya, jika ada 5 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki di dalam kelas, rasio siswa perempuan terhadap siswa laki-laki adalah 5 banding 10. Jumlah tersebut tidak saling tergantung atau terikat satu sama lain dan rasio akan berubah jika ada siswa lama keluar atau siswa baru masuk. Rasio hanya membandingkan jumlah.
  • Pelajari beberapa ekspresi rasio. Ada rasio yang dinyatakan dalam kata-kata atau diekspresikan menggunakan simbol matematika.[2]
    • Anda akan sering melihat rasio yang dinyatakan dalam kata-kata seperti contoh di atas. Rasio sangat banyak digunakan dan dinyatakan dengan berbagai cara. Jika Anda tidak berkecimpung di bidang matematika atau ilmiah, rasio yang dinyatakan dalam kata-kata akan sering Anda temukan.
    • Rasio biasanya dinyatakan dalam ekspresi pembagian. Untuk membandingkan dua angka dalam rasio, gunakan tanda bagi (misalnya 7 : 13) dan untuk membandingkan lebih dari dua angka, tulislah “titik dua” atau “tanda bagi” di antara setiap angka secara berurutan (misalnya 10 : 2 : 23). Menggunakan contoh siswa di dalam kelas, kita bisa menyatakan perbandingan antara siswa perempuan dan siswa laki-laki dengan rasio 5 perempuan : 10 laki-laki atau jika diperkecil akan menjadi 5 : 10.
    • Rasio bisa juga dinyatakan dalam notasi pecahan. Menggunakan contoh di atas, rasio 5 perempuan dan 10 laki-laki bisa dinyatakan dalam bentuk 5/10. Akan tetapi, rasio dalam bentuk pecahan tidak bisa dibaca seperti pecahan biasa dan ingatlah bahwa angka tersebut tidak mewakili porsi tertentu dari jumlah keseluruhan.
Previous
Next Post »