Total Tayangan Halaman

deretan baris aritmatika

Deret dan Barisan Aritmatika (suku ke-n)
Salam sobat bangkusekolah.com, bagaimanakah kabar kalian semoga kita selalu dibawah lindungan Allah SWT. Pada materi kali ini akan membahas tentang Cara mencari suku ke-n dari barisan aritmatika maka harus dipahami secara konsep karena materi ini akan dijumpai lagi pada tingkat sekolah selanjutnya.

Deret dan Barisan Aritmatika (suku ke-n)
Dalam barisan aritmatika sobat akan mengenal tingkatan-tingkatan barisan aritmatika. Mulai dari barisan aritmatika tingkat ke-1, tingkat ke-2, tingkat ke-3, dan seterusnya. Dalam hal ini bangkusekolah.com hanya membahas sampai barisan aritmatika dari tingkat ke-1 sampai tingkat ke-3. Rumus secara umum suku ke-n dari barisan artimatika:Tingkat ke-1 => Un = an + b
Tingkat ke-2 => Un = an2 + bn + c
Tingkat ke-3 => Un = an3 + bn2 + cn + d

Barisan Aritmatika Tingkat Ke-1
Diberikan suatu contoh barisan aritmatika tingkat ke-1 yaitu sebagai berikut.
  1. 2, 4, 6, 8, 10, . . .
  2. 3, 6, 9, 12, 15, . . .
contoh tersebut dikatakan sebagai barisan aritmatika tingkat ke-1, Karena selisih dua suku yang dekat memiliki nilai sama berada pada tingkat pertama yang didebut dengan “beda”.Untuk mengetahui rumus ke-n dari barisan aritmatika tingkat ke-1, silahkan perhatikan uraian berikut ini. Sobat seblumnya sudah diketahui bahwa rumus umum untuk mencari suku ke-n dari barisan aritmatika tingkat ke-1 yaitu:
Un = an + b
maka:
U(1) = a + b
U(2) = 2a + b
U(3) = 3a + b
U(4) = 4a + b
Jika sobat buat dalam barisan aritmatika maka akan tampak seperti berikut.Dari gambar di atas terlihat bahwa selisih antara U2 dengan U1, U3 dengan U2, dan U4dengan U3 adalah a atau beda.

Previous
Next Post »